Kamis, 20 Februari 2014

Catatan islam : Surah Al Asr

Assalamualaikum..

Ada yang tau lagunya raihan - demi masa?
Liriknya kaya gini "Demi masa, sesungguhnya manusia kerugiaan ..." ..
Lagu tersebut mengingatkan saya kepada salah satu surat di alquran, ya, al asr. Surat Al asr ini sangat menarik, karena dengan jelas memaparkan golongan manusia, coba kita lihat arti per ayatnya


  1. Demi Masa
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar kerugian
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Memahami suatu ayat alquran tidaklah mudah. karenanya, lagi-lagi saya mencari referensi untuk lebih mengerti apa maksud dibalik surat indah ini. Saya akhirnya menemukan video dari Nouman Ali Khan yang membahas dengan memberikan analogi-analogi terkait surat al asr.
Ini videonya :::


Dari video di atas, saya jadi tersadar, yah, hidup kita ini tidak memiliki banyak waktu, layaknya manusia yang tenggelam. Kita harus segera tersadar dan terus menerus menyadarkan dan memotivasi diri serta orang-orang disekililing kita agar bisa bertahan dan selamat.

Dalam video selanjutnya , Nouman Ali Khan menjelaskan tentang tafsir selanjutnya mengenai surat ini.

Ini videonya :::


Dari video tersebut, NAK (Nouman Ali Khan) menjelaskan dari arti kata dalam ayat yang terdapat dalam surat al asr, surat al asr tidak menjanjikan kemenangan atau kesuksesan di dunia melainkan menjelaskan tentang bagaimana agar kita bisa menjadi orang yang survive , mampu bertahan dan selamat di dunia ini.

"You cant talk about succes unless you are secured your own survival" - Kalian tidak bisa berbicara mengenai kesuksesan kecuali jika kelangsungan hidup kalian sudah aman atau kalian sudah bisa bertahan. Itulah pentingnya surat al asr. Bagaimana  kita bisa berbicara kemenangan menggapai surga-Nya, bertemu dengan-Nya dengan derajat yang mulia, jika kita tidak mampu bertahan?

Semoga video ini mampu menyadarkan kita semua agar kita tidak terjebak tenggelam dalam tipuan syaitan dan semoga kita semua bisa bertahan, selamat dan sukses dalam hidup yang singkat ini.



Love you all because of Allah, my sister and brother in islam. :)


Cokelat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar