Kamis, 27 Februari 2014

Basis Data : ER-Lanjutan

Sebelumnya kita telah membahas tentang apa saja yang terdapat di dalam ERD, dari entitas, relasi, kardinalitas hingga modalitas dalam materi pemodelan ERD.

Sekarang, kita lanjut ke materi berikutnya. Didalam ERD terdapat dua jenis entitas yaitu entitas kuat dan entitas lemah. Entitas kuat merupakan entitas yang tidak bergantung dengan entitas lain. Sedangkan entitas lemah bergantung dengan entitas lain.

Dalam proses analisa entitas dikenal pula proses perancangan dengan sudut pandang top - down (Spesialisasi) dan Bottom - up (Generalisasi).  Spesialisasi berfokus pada menemukan entitas level atas kemudian dianalisa apakah terdapat entitas level bawahnya. Misalkan didalam rancangan terdapat entitas manusia(ktp, nama, alamat, golongan darah), kemudian kita menemukan bahwa manusia ini dapat di spesialisasi menjadi mahasiswa (nim) dan dosen(nip) dengan perbedaan atribut nim pada mahasiswa dan nip pada dosen, selebihnya memiliki atribut yang sama seperti manusia. Sebaliknya generalisasi, proses analisa di awali dari entitas level bawah, kita analisa apakah ada ciri umum dari entitas yang kita temukan yang dapat digeneralisasi, misalnya kali ini yang kita temukan adalah entitas dosen (nip, ktp, nama, alamat, golongan darah) dan mahasiswa (nim, ktp, nama, alamat, golongan darah), kemudian kita melihat ada ciri yang mirip di antara keduanya yang dapat kita generalisasi menjadi manusia.

Selain itu dikenal juga konsep agregasi. Konsep agregasi ini dimana satu relasi berhubungan dengan relasi lain. Berikut ini penjelasan mengenai materi-materi tersebut.


















Semoga bermanfaat

Cokelat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar