Sabtu, 22 Februari 2014

Catatan islam : Do's & Don'ts of Menstruation

Assalamualaikum...
Buat cewek2 , kadang kita bingung tentang apa saja yang boleh di lakukan saat haid?
bolehkah kita membaca alquran? memotong kuku? dan masih ada sederet pertanyaan lainya.



Insya Allah saya akan membahas video dari Shawana A. Aziz, beliau memaparkan dan menjelaskan mengenai apa saja yang bisa dan tidak bisa kita lakukan.
Dont..
X (Fasting & Prayer) - Berpuasa dan Shalat
X (Sexual intercourse) - Berhubungan seksual
X (Sitting in Masjid) - Duduk di masjid .
Ada beberapa pendapat tentang duduk di  masjid ini, bisa disimak  di -- > http://muslimah.or.id/fikih/hukum-wanita-haid-memasuki-masjid-untuk-menghadiri-majelis-ilmu-atau-halaqah-tahfidzul-quran.html .

Do
V (Dhikr) - Dzikir, mengingat Allah. 
Mengingat Allah bukan lah sesuatu yang sederhana, dengan mengingat-Nya, akan mendekatkan kita dan meningkatkan derajat kita kepada Allah. Lebih baik lagi jika kita buat waktu berdzikir, nah, kita bisa mengganti waktu shalat kita menjadi waktu berdzikir saat haid.. :)

 V (Seeking ilm, reading book) - Mencari ilmu dan membaca buku
Manfaatkan waktu haid kita untuk mendapatkan ilmu. Mungkin ada sebagian muslimah yang sedih karena merasa terbatas untuk mendapat reward Allah saat haid apalagi jika ramadhan datang. Padahal, Allah memang membuat larangan atas beberapa ibadah, namun Allah tidak menutup pintu reward untuk kita. Mencari ilmu juga merupakan pahala disisi Allah. :)


 V (And all the many benificial ways of achieving rewards .. ) 
Dan banyak juga hal lain yang bermanfaat yang dapat kita lakukan, seperti menjenguk yang sakit, memuji nabi muhammad saw, sedekah, doa, dan lain-lain.


Selanjutnya , beliau memaparkan tentang membaca Alquran, dalam hal ini tilawah, untuk membaca dalam hati, tidak ada perdebatan bahwa hal tersebut diperbolehkan, namun untuk mengucapkanya masih ada perdebatan. Sebaiknya, menurut beliau, kita membacanya apabila memang ada kebutuhan, seperti kita seorang guru yang harus mengajar alquran, murid yang harus menyetorkan hafalanya. Sebisa mungkin karena ada kebutuhan tersebut.

Bagaimana dengan menyentuhnya? yang tidak boleh kita sentuh adalah mushaf (yang hanya mengandung teks alquran saja, tidak ada translasi ataupun tafsirnya), kalau ingin menyentuh mushaf, bisa menggunakan kain. Namun kita bisa membacanya dari alquran yang memiliki translasi ataupun tafsir, atau juga bisa dari alat seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain.

Bagaimana dengan memotong kuku? diperbolehkan memotong kuku. Tidak ada larangan bagi yang haid, untuk memotong kukunya.


Ini videonya :::




Semoga bermanfaat

Cokelat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar