Senin, 30 September 2013

Bahasa Inggris Online

Assalamualaikum Wr. Wb, teman.. :)

Hari ini, ada mata kuliah baru di Seamolec, mata kuliah bahasa inggris online. Rencana kuliahnya bakal seru kayaknya. Penilaian dari kuliah ini bukan grammar, tapi keberanian kita untuk berbicara bahasa inggris.

Nanti rencananya di setiap pertemuan akan ada debat bahasa inggris, dengan tema tertentu. Saya baru tau peraturan debat di pertemuan tadi,
jadi, di dalam aturan debat itu akan ada pemimpin debat, timer , juri dan debater. nah, satu tim debater biasanya terdiri dari tiga orang, yang terbagi menjadi first speaker, second speaker dan third speaker. 2 tim debat akan beradu argumen mengenai suatu tema tertentu, biasanya tema dimulai dengan kata This House Believe that **** atau This House Would ****.

Aturan mainya begini, 2 tim di berikan tema yang akan dibahas, lalu dipilih siapa tim yang menjadi tim positive (tim yang pro terhadap statement tema) dan siapa yang menjadi tim negative. kemudian masuk lah sesi brainstorming dimana masing2 tim akan mendiskusikan tema tersebut sebagai persiapan bahan dan batasan selama debat. Tadi dapat tips dari pak dosen, jika kita diberi waktu 5 menit untuk brainstorming, gunakan 2 menit untuk masing-masing anggota menuliskan apa saja yang ia fikirkan mengenai tema tersebut baik yang positive maupun negative. Kemudian sisa waktu nya baru didiskusikan bersama. Setelah selesai brainstorming, kita mulai masuk arena debat, pemimpin debat akan membuka jalanya debat dan memperkenalkan masing-masing anggota dari tim.

 Positive tim akan mulai berbicara terlebih dahulu masing-masing speaker diberi waktu 5 menit, urutan maju peserta yaitu,
1. Dimulai dengan first speaker positive tim. tugas first speaker adalah untuk memberi definisi terhadap tema debat dan melakukan batasan, argumen yang dilontarkan harus menjawab pertanyaan 5W + 1H.
2. Selesai first speaker positive tim berargumen,  first speaker dari negative tim maju dan bertugas menyanggah argumen tersebut, disertai argumen lain.
3. Second Speaker dari positive tim maju, untuk memberikan sudut pandang lain dalam tema debat, dan memperkuat argumen pembicara satu.
4. Second Speaker dari negative tim maju, menyanggah argumen dari second speaker positive tim  dan memberi argumen lain untuk menguatkan pilihan negative
5. Third speaker dari positive tim maju, tugas third speaker adalah untuk menunjukan kelemahan argumen first speaker dan second speaker tim lawan dan menguatkan argumen tim.
6. Third speaker dari negative tim maju.
7. Reply dari negative tim maju, tugas reply adalah untuk memberi overview jalanya keseluruhan debat dan menunjukan kepada audience mengapa timnya lebih berhak memenangkan debat dibandingkan tim lawan.
8. Reply dari positive tim maju.

Di pertemuan tadi juga dilakukan simulasi debat yang mempertemukan tim 19 dengan tim 9 , tema yang diambil adalah This house would control acces to the internet.
Pembahasan insyaallah akan saya post di postingan berikutnya.


------------------------


Cokelat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar