Rabu, 19 Februari 2014

Catatan islam : Control your anger




Assalamualaikum..

Video kali ini membahas bagaimana kita mengendalikan amarah. Yah, amarah adalah perasaan yang sulit dikendalikan, saya sering sekali lepas kendali saat marah dan menyesali apa yang saya lakukan saat itu. Ketika saya mengikuti video-video islam, video ini merupakan salah satu yang menarik perhatian saya, karena sangat-sangat berhubungan dengan apa yang sedang saya butuhkan. Rasa marah adalah penyakit hati yang harus bisa kita atasi.



Lalu, bagaimana cara kita mengendalikan amarah?

1. Say Simple Word - Audhu billahi minash shaitanir rajim
Ingatlah Allah dan katakan Audhu billahi minash shaitanir rajim - aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk - .Kita memohon perlindungan dari sang pencipta untuk menjauhkan kita dari godaan syaitan yang menginginkan kita untuk terjebak dalam kemarahan. Akan sangat sulit memang, bayangkan saja ketika kita marah, mampukan kita mengingat Allah?
Banyaklah berdzikir dan mengingat Allah , semoga ketika kita merasakan perasaan marah kita diberi kekuatan dan kemampuan untuk mengingat-Nya.

2. Stay Silent - Diam
Ketika kita marah, biasanya kita bereaksi dengan kata-kata. Mungkin kata-kata yang akan kita keluarkan merupakan kata-kata yang buruk dan dapat melukai perasaan yang lain. Karenanya Rasulullah SAW menyarankan kita untuk diam, ketika kita diam, kita akan mulai menenangkan diri dan coba memikirkan kembali apa yang terjadi.

3. If any of you become angry and he is standing, sit. - Duduk lah jika kalian sedang dalam keadaan berdiri

4. And if your anger still hasn't gone from you, to lie down. - Berbaringlah jika perasaan marah itu masih belum hilang

Dari video ini, cara-cara tersebut merupakan yang Rasulullah anjurkan untuk kita lakukan saat kita marah.
Rasulullah SAW said :
"The strongest man is the one when he gets angry and his face is red and  his emotions rise and he is able to defeat his anger"
Semoga kita bisa menjadi manusia super, manusia yang mampu mengalahkan nafsu amarah. :)

 Selain yang dijelaskan di video ini, ada hal lain yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan amarah kita , yaitu :

5. Berwudlu
Rasulullah saw bersabda, Sesungguhnya, kemarahan itu berasal dari syetan. Dan syetan tercipta dari api. Dan sesungguhnya, api itu dapat dipadamkan dengan air Jika salah seorang diantara kalian marah, maka berwudhulah. (HR. Imam Ahmad, Abu Daud)

6. Bersujud , Artinya shalat sunnah.
Dalam sebuah hadist dikatakan Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud). (HR. Tirmidzi)


Semoga bisa bermanfaat .. :)

ini videonya ::::




Cokelat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar