Selasa, 18 Maret 2014

Bullying

Bullying? istilah bullying pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, akhir-akhir ini memang kampanye STOP BULLYING sering disuarakan. Tapi apa sih sebenarnya bullying itu? "Bullying berasal dari kata bully yang artinya penggertak, orang yang mengganggu orang yang lemah. Beberapa istilah dalam bahasa Indonesia yang seringkali dipakai masyarakat untuk menggambarkan fenomena bullying di antaranya adalah penindasan, penggencetan, perpeloncoan, pemalakan, pengucilan, atau intimidasi." (Sumber : psychoogymania)

 Sumber gambar : suaramerdeka

Sumber gambar : bullyingproject

Eh, cok *(anggep aja panggilan sayang ke aku ya.. :P ),  kenapa tiba-tiba kamu ngebahas soal bullying??

Mm, Gini ceritanya.. 
*Sambil rewind ke 2 hari yang lalu..
Waktu itu aku lagi iseng-iseng buka twitter, youtube dan facebook, sekedar cek kondisi dunia maya sekarang gimana. Akhirnya aku menyadari ada virus yang sedang menjangkiti penghuni dunia maya, virus itu sangat berbahaya dan mudah sekali menular, terutama buat mereka yang tidak memiliki daya tahan yang baik.

Maksud kamu gimana sih cok?? virus apaan??

Kamu ga sadar?? ckckckck.. Coba deh perhatikan, penghuni dunia maya sekarang itu sedang terkena demam bullying. 

Demam bullying???

Iya, demam bullying.. Bahasa kerennya sih mereka itu cyberbully, mereka melakukan bullying di dunia maya. Cara bullyingnya macem-macem juga, ada yang langsung jor-joran kata-kata kasar, ada yang pelan-pelan tapi menusuk, ada juga yang seperti memprovokasi untuk memojokkan korban bully. Diantara cyberbully ada yang jadi sumber virus (*pasti) dan ada juga yang tertular. Masalahnya sekarang penularanya itu cepet dan gampang banget, nah, itu yang jadi concern aku.. 

Aah, I see.. Terus gimana cok?? (*naha jadi berasa dipanggil ucok, ga apa2 lah, hha..)

Nah, aku pengen banget bisa share tentang cyberbully ke semua orang, pengen semua orang sadar sama virus ini, biar sama2 bisa aware, makanya aku bahas disini.. begitu loo..
Oia, nih, ada video bagus tentang virus bullying..


Waah,. Bahaya banget ya, mesti dicek kita sudah terjangkit virusnya atau belum.. Kadang aku suka membiarkan nih kalau ada orang yang ngebully, bukannya bertindak, abis takut makin ribet cok..

He eh, susah memang, tapi sebisa mungkin kita harus menghentikan demam bullying. Kasihan mereka yang terjangkit virus itu, tanpa sadar mereka bisa jadi penyebab hancurnya hidup orang lain. Setidaknya sekarang kita harus memeriksa apakah kita senang sekali membagikan berita yang memojokan orang lain atau memberi komentar negatif tentang orang lain atau me-like-retweet postingan yang menjelekkan orang lain, kalau iya, nah, berarti kita sudah terserang virus bully.. Cara supaya sembuhnya, ya kita sadar dulu kalau kita terserang virus, habis itu perbanyak imun buat hati kita. Minta maaf sama Tuhan, dekati IA dan mintalah kekuatan dari-Nya agar kita dibebaskan dari virus ini.

Sebagai orang yang melihat bullying (Bukan pejangkit virus bully), tidak berarti juga kalau kita sudah aman. Karena ada virus lain yang juga menyebar, yaitu virus IGNORANCE atau virus CUEK. Aku sempat kena virus ini, :'( . "Sebodo amat mereka mau ngapain.." - (ya Allah, maafkan..) Tapi setelah aku lihat video diatas, aku belajar bahwa kita bisa kok menghentikan bully, kalau kita mau bertindak, memberi dukungan kepada korban bully dan menyampaikan aksi damai, aksi kita ini juga bisa menyadarkan orang-orang yang terjangkit virus bully tersebut. 

Sekedar saran, kalau mau menyadarkan orang-orang yang di curigai terjangkit virus ini, jangan bahas di forum dunia maya (Kalau di forumnya , kita cukup berperan membela korban dan menunjukan kepada korban kalau dia tidak sendirian). Nah,untuk menyadarkan suspect virus bully dari bahaya virus ini, kita bisa menggunakan media pesan langsung (inbox, dm). Chat personal lebih baik, supaya bisa tepat ke sasarannya. Hati-hati juga, pakai cara yang baik ya, jangan sampai menyakiti, kan niatnya menyembuhkan.. :)

Oia cok, aku jadi ingat fenomena haters dikalangan artis sama tokoh politik, kayanya lagi trend kan ya, saling menjatuhkan dan menjelekkan.. Apa itu termasuk cyberbullying??

Yup, menurut aku itu juga termasuk cyberbullying. Makanya, bisa diliatkan udah banyak nih yang terjangkit, tapi pada ga sadar. Kadang mereka sekedar fun aja posting komentar kaya gitu, sekedar menyuarakan apa yang ada di pikiran mereka, tapi karena sudah terjangkit virus ini mereka jadi careless , ga peduli perasaan orang yang mereka serang.. Oia, sudah banyak lo korban bullying yang akhirnya bunuh diri. Ngeri kan.. Bayangin deh jadi penderita virus bully yang menyebabkan si korban bunuh diri, gimana perasaan mereka setelah si korban benar-benar pergi

Ada video nih, video ini di buat oleh Alm. Amanda Todd, saudari kita ini merupakan korban bully. Ceritanya sangat menyentuh. Ia memperlihatkan betapa besarnya efek bullying buat psikologi korban yang diserang.


Jangan sampai kisah alm menjadi kisah saudara-saudara kita yang lain. Alm mengingatkan kita bahwa ketika kita membuat sebab akan ada akibat..

 

Intinya, ayo sama-sama sembuhkan dunia dan dunia maya dari BULLY. Dont be mean people, be kind just like Muhammad saw, Jesus as, Abraham as, Moses as, Adam as, Maryam, Aisyah, Fatimah and all of kind people..




Buat yang jadi korban bully, aku doain supaya diberi kekuatan. Pesan aku, jangan pernah ngerasa sendiri. Harus ada introspeksi diri juga tapi jangan tertekan, lakukan yang kalian bisa untuk membahagiakan Tuhan, jangan berfokus membahagiakan manusia. Berbahagialah, tersenyumlah, ikuti cara hidup nabi Muhammad saw yang selalu mencintai dan memaafkan.. Tetaplah berbuat baik kepada mereka yang sedang terjangkit virus itu, doakan lah mereka.. Oia, dan jangan takut menceritakan tentang ini ke guru, orang tua, kakak atau orang terdekat. Siapa tahu mereka bisa membantu untuk menyembuhkan orang-orang yang terkena virus bullying. Pokoknya wish you all the best. Stay strong yaa.. :)

"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia" (Fushilat : 34)


Sumber gambar : portway

1 komentar:

  1. BULLYING ADALAH KRIMINAL
    Kriminalitas dapat terjadi kapanpun dan dimanapun anda berada, tanpa memilih korbannya baik pria maupun wanita. Mulai dari penodongan, perampokan, pemerkosaan dsb.
    bergabunglah dengan kami di : http://www.bakatsuper.com
    dan jadilah kuat, lindungi diri anda dan orang-orang yang anda cintai

    BalasHapus