Selasa, 01 Oktober 2013

Sekilas tentang android



Android merupakan sistem operasi open source berbasis linux. Android dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Android, Inc dengan dukungan dana oleh google.  Google kemudian membeli android pada tahun 2005 dan me-release-nya pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikanya Open Handset Alliance.




Tujuan didirikanya Open Handset Alliance, konsorsium perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomomunikasi ini yaitu untuk memajukan standard terbuka perangkat seluler.

Ponsel Android pertama kali di jual pada bulan Oktober 2008. Dengan keunggulan sebagai perangkat lunak open source dan lisensi yang diberikan, memungkinkan perangkat lunak ini untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan.Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasinya, yang memperluas fungsi perangkat android itu sendiri, umumnya aplikasi ditulis dengan versi kustomatisasi bahasa Java.

Kelebihan dari android sendiri bagi para pengembang aplikasi mobile adalah dengan software Development Kits (SDK) yang lengkap, dilengkapi dengan emulator yang membantu untuk menguji coba aplikasi yang dibuat serta dokumentasi yang lengkap. Serta tidak ada biaya lisensi untuk memperoleh SDK ini. Android merupakan pilihan yang tepat untuk pengembang. 

Kemudahan bagi pengembang, membuat android bertumbuh pesat dalam jumlah aplikasi pendukung. Perkembangan penjualan android pun meningkat. Di Indonesia, android merupakan salah satu os mobile yang paling diminati.
Penyebab mengapa Android dapat berkembang.
1. Update rutin
Android selalu melakukan update secara terus menerus, melakukan perbaikan perbaikan berbagai bugs dan penambahan fitur yang menjadikan OS semakin lebih bagus dari versi sebelumnya.
2. Open source
Android adalah OS open source yang gratis jadi dilihat dari segi harganya akan lebih murah daripada smartphone yang ber OS tidak gratis, disamping itu OS android memungkinkan para programmer programmer untuk mengembangkan atau membuat aplikasi berbasis Android.
3. Didukung oleh Vendor Kelas Atas
Dukungan penuh dari vendor-vendor kelas atas seperti Samsung, HTC, Motorola dll dalam menghasilkan smartphone yang berkelas akan membantu menaikkan pamor android.
4. Merek Google
Reputasi Google  yang tidak diragukan lagi menjadi keunggulan tersendiri bagi Android. Hal ini membuat konsumen yakin bahwa OS Android adalah OS yang benar benar bagus dan berkualitas.
5. User Friendly
Teknologi layar sentuh, membuat mudah dalam penggunaannya serta didukung oleh tampilan yang menarik.


Perkembangan Android

Android bekembang dengan cepat, sejak di keluarkan versi pertama pada tahun 2009, kini android telah 11 kali merelease versi android, berikut ini perkembangan android di setiap versinya :

Versi
Release
Keterangan
Android versi 1.1
9 Maret 2009
Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
Android versi 1.5 (Cupcake)
Mei 2009
Terdapat beberapa pembaruan dari android versi ini, termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
Android versi 1.6 (Donut)
15 September 2009
Android donut hadir dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
Android versi 2.0/2.1 (Éclair)
3 Desember 2009
Perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Android versi 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt)
20 Mei 2010
Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
Android versi 2.3 (Gingerbread)
6 Desember 2010
Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
10 Mei 2011
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus.
Android versi 4.0 (ICS : Ice Cream Sandwich)
19 Oktober 2011
Google membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
Android versi 4.1 (Jelly Bean)
9 Juli 2012
Selain melakukan pembaruan seluruh kecepatan sistem -yang juga dikenal sebagai "Project Butter" ini-, Android Jelly Bean juga menyajikan fitur-fitur baru serta peningkatan performa aplikasi-aplikasi yang ada. Selain itu ada juga penambahan fitur seperti Google Now, fitur , Google Search dan Notification.


Android terus berkembang, ada berbagai macam versi yang telah resmi di-release oleh Google. Sampai saat ini versi terbaru dari android adalah versi Jelly Bean. Berdasarkan artikel yang dimuat di tekno.kompas.com, saat ini JellyBean menguasai pangsa pasar android.



Angka-angka tersebut dilacak Google dari kunjungan pengguna Android ke toko aplikasi online Google Play Store. Dari sisi pertumbuhan, Jelly Bean yang dirilis pada Juli 2012 tumbuh lebih cepat daripada Gingerbread yang dirilis pada Desember 2010.

Android mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, sehingga beberapa lembaga riset menobatkanya sebagai penguasa sistem operasi mobile dunia. Perkembangan dan kepopuleran android ini, adalah salah satu keuntungan dari dibukanya source android. Sehingga banyak pihak dapat memodifikasi dan memperluas fungsi dari perangkat lunak yang menggunakan Android. 

Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi android, dipasarkan melalui android market yang pertama kali dibuka pada 22 Oktober 2008.  Android market kemudian digantikan dengan google play pada maret 2012. play store merupakan pencari berbagai aplikasi yang terdapat pada google play. Pada November 2009, jumlah aplikasi di Android market hanya sekitar 2.300 aplikasi, sementara pada Agustus 2010 sudah terdapat 80.000 aplikasi.  Jumlah aplikasi android memiliki trend naik yang pesat, bahkan diperkirakan pada juni 2013 aplikasi android yang dipasarkan melalui google akan mencapai 1 juta aplikasi.

Aplikasi-aplikasi android tidak semuanya berbayar, hal itu membuat android kian popular dan diminati. Aplikasi-aplikasi berbayar android yang diminati berdasarkan Top Paid android yang terdapat di dalam google play , terlihat bahwa aplikasi games yang lebih diminati. Sedangkan untuk top free android aplikasi, media social chat seperti whatsapp, line dan facebook mendominasi.





Perkembangan media sosial ini juga, turut mengembangkan dan mempopulerkan android. Dengan media social fungsi perangkat android menjadi semakin luas. Fungsi chat menjadi fungsi favorit bagi pengguna android, terbukti dengan begitu cepatnya pertumbuhan pengunduh aplikasi chat ini.

Di Indonesia , perkembangan pertumbuhan android juga cukup pesat. Handphone android pertama yang dirilis resmi di Indonesia, yaitu HTC Magic, didistribusikan tahun 2010. Perkembangan penjualan smartphone begitu tinggi, biro riset Gfk Asia menyebutkan, sebanyak 12,8 juta smartphone terjual di Asia Tenggara pada kuartal I 2013. Dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (16/5/2013), sebanyak 8,8 juta di antaranya memakai OS Android. Berarti, Android memegang pangsa pasar 69% di Asia Tenggara. Indonesia sendiri menjadi pasar terbesar dengan 4,5 juta unit smartphone terjual.




Semoga bermanfaat.

-----------------------


Cokelat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar